Contoh Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) yang Menguntungkan Bagi Bisnis

Contoh Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) yang Menguntungkan Bagi Bisnis

Contoh Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) yang Menguntungkan Bagi BisnisTeknologi Augmented Reality (AR) pada awal kemunculannya hanyalah sebagai alat tambah yang menarik dan hiburan saja.

Terlebih sejak kemunculan game AR mobile Pokemon Go, semakin menguatkan posisinya sebagai media hiburan yang inovatif sekaligus atraktif.

Faktanya, hingga kini telah banyak contoh augmented reality dan penerapannya dalam bisnis, dan AR telah berkontribusi besar dalam meningkatkan nilai investasi dan ROI (Return of Investment) dari bisnis di berbagai industri yang sayang untuk dilewatkan.

Berdasarkan laporan terbaru dari Statista, pasar AR/VR global telah berkembang pesat dan diprediksi akan mencapai 72,8 miliar USD di tahun 2024, dengan peningkatan CAGR sebesar 54% dalam lima tahun mendatang.

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan AR yang dapat menguntungkan bagi bisnis Anda:

  • Ecommerce atau Bisnis Online

Walau pandemi memaksa sebagian bisnis untuk tutup dan kebanyakan masyarakat tetap di rumah, ini bukan berarti akhir bagi bisnis Anda. Beralih ke digital dengan menerapkan teknologi AR merupakan langkah terbaik yang bisa Anda ambil saat ini.

Teknologi AR memberikan visualisasi produk secara nyata, memungkinkan mencoba secara virtual sebelum membeli. Contohnya mengenakan aksesoris cincin di jari atau menempatkan furniture di dalam ruangan, yang berarti meningkatkan pengalaman berbelanja lebih nyata dan mendalam.

Tidak hanya AR, beberapa mini games dengan sistem loyalty poin juga dapat sangat membantu dalam hal branding. Dengan beberapa permainan yang bersifat adiktif dan sistem poin yang dapat memberikan reward tertentu akan menarik pengunjung untuk aktif menggunakan platform belanja online Anda, menjadikan pengunjung betah berlama-lama dan terus kembali untuk menambah poin, yang berarti Anda bisa lebih kuat dalam bersaing dengan platform belanja online lainnya.

Virtual selling juga sangat ramai digunakan akhir akhir ini , karena dengan konsep ini para pelapak dapat memboosting produk-produk yang mereka jual , sekaligus memberikan product knowledge secara langsung kepada customer yang hendak membeli atau tertarik dengan produk-produknya. Keunggulan lainnya adalah customer dapat langsung berinteraksi dengan pelapak layaknya berbelanja di pasar.

Selain itu , live selling juga bisa dimanfaatkan sebagai jastip atau jasa titip. Ketika seseorang mengunjungi suatu mall atau market dan melakukan live, beberapa customer dapat memesan beberapa item yang dijual di lokasi tersebut.

Semua fitur di atas terintegrasi dalam satu aplikasi AR eCommerce, yang menjadikannya ringkas dan mudah digunakan. Pandemi COVID-19 tentu berdampak terhadap semua bisnis, dan siapa yang cepat beralih ke digital, maka dia lah yang akan unggul di antara bisnis lainnya yang lambat. Inilah saatnya bagi Anda untuk bertindak.

  • Peternakan dan Pertanian

Dengan menggunakan AR, petani dapat melihat lebih dekat hama yang menyerang tanaman mereka. Lebih jauh lagi, tidak semua hama diciptakan sama – ada hama yang buruk yang perlu segera dibasmi dan ada hama baik yang benar-benar membantu petani.

Plus, setiap jenis hama yang menyerang tanaman harus diperlakukan secara berbeda setelah menyelidiki spesies mereka. AR dapat membantu menciptakan sistem pengelolaan pengendalian hama yang cerdas dimana petani dapat memaksimalkan hasil panennya.

Contoh augmented reality lainnya dalam pertanian adalah kemampuannya dalam memberikan kemudahan bagi petani untuk memeriksa sifat-sifat tanah dan menentukan tanaman mana yang akan tumbuh di tanah tertentu dan dalam kondisi tertentu. Hal ini akan meminimalkan kerugian bagi petani dan membantu mereka memanfaatkan kualitas tanah yang mereka miliki.

Tanaman yang berbeda tumbuh dengan kondisi cuaca yang berbeda. Tanpa akses terhadap informasi terkait cuaca, petani terkena liku-liku alam dengan hasil panen yang beragam. Dengan AR, informasi cuaca dapat di akses hanya dengan sekali klik, membantu petani memilih hasil panen di bawah kondisi cuaca yang nyata. Ini akan membantu petani meminimalkan kerugian panen mereka dan memaksimalkan hasil panen.

  • Tingkatkan Proses Operasional Bisnis

Contoh augmented reality terakhir yang menguntungkan adalah kemampuannya dalam meningkatkan proses operasional bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perkembangan teknologi yang telah merevolusi bagaimana cara bisnis beroperasi.

Kini teknologi AR menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk memfasilitasi banyak proses operasional bisnis di berbagai bidang. Contoh penerapannya yang paling menonjol sebagai teknologi perkantoran adalah Kacamata Pintar AR yang menawarkan banyak manfaat dengan meningkatkan nilai bisnis.

Kacamata pintar memungkinkan kita untuk menggabungkan informasi virtual dan fisik secara bersamaan di bidang tampilan pengguna. Kacamata pintar yang terintegrasi ke dalam berbagai proses operasional bisnis kini banyak digunakan oleh karyawan untuk melakukan tugas secara lebih efektif, khususnya untuk kebutuhan kerjasama antar karyawan.

Melalui kacamata pintar, pekerja lapangan dapat melakukan tugas secara handsfree, dan pada saat yang sama mereka dapat menerima instruksi dari ahli pusat. Dengan cara ini, manfaat augmented reality sangat menonjol karena menyediakan koneksi langsung antara staf yang dapat ditempatkan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Nah itulah beberapa contoh penerapan augmented reality yang menguntungkan bagi bisnis. Segeralah maksimalkan teknologi AR ini. Sekian dan terima kasih!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *