Ini Dia Dampak Negatif dan Positif Dari VR Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ini Dia Dampak Negatif dan Positif Dari VR Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ini Dia Dampak Negatif dan Positif Dari VR Yang Wajib Kamu Ketahui!Perkembangan teknologi bukan hanya menunjang dan memudahkan aktivitas manusia saja, melainkan juga menimbulkan beberapa dampak negatif terhadap manusia itu sendiri, entah dari segi kesehatan maupun lingkungan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi memang terjadi di berbagai penjuru aspek, salah satunya dalam aspek hiburan yang turut memunculkan teknologi terbaru, yaitu virtual reality.

Virtual reality merupakan sebuah alat yang digadang-gadang mampu membawa penggunanya serasa memasuki dunia virtual dengan berbagai tampilan visual yang pastinya akan memukau mata.

Selain memberikan dampak positif, ternyata teknologi ini juga banyak menimbulkan dampak negatif terhadap para penggunanya.

Ini Dia Dampak Negatif dan Positif Dari VR Yang Wajib Kamu Ketahui!

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari virtual reality :

Dampak Positif

Sebelum membahas dampak negatifnya, ada baiknya kita ketahui dulu keuntungan dari teknologi yang satu ini untuk kehidupan manusia. Berikut adalah berbagai dampak positif dari teknologi virtual reality bagi kehidupan :

  • Untuk Memainkan Games

Umumnya banyak orang membeli teknologi virtual reality dengan tujuan untuk bermain game. Dan tujuan tersebut juga didukung dengan banyaknya para produsen yang membuat virtual reality untuk bermain game. Dengan maksud, ingin membuat para penggunanya bisa merasakan suasana kejadian yang ada di dalam game tersebut.

Terhitung ada beberapa perangkat yang diciptakan memang untuk menunjang aktivitas bermain game. Dan perangkat itu yakni adalah Samsung Gear VR, HTC Vive, PlayStation VR dan Octagon VR.

  • Untuk Pelatihan / Simulasi Dunia Medis

Dunia medis juga sepertinya ikut terbantu dengan lahirnya teknologi bernama virtual reality ini, yang mana dapat membantu para dokter dalam menangani praktik pengobatan, mungkin ditujukan untuk para mahasiswa kedokteran sebelum mereka benar-benar terjun langsung ke dunia medis.

  • Untuk Pelatihan / Simulasi Dunia Militer

Virtual reality ternyata tidak hanya berguna untuk bermain game saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menunjang simulasi para militer. Dalam hal ini, para militer biasanya menggunakan teknologi virtual reality lengkap dengan perangkat fisik lainnya untuk membuat strategi perang, belajar menembak, bahkan belajar menjinakkan bom.

Dengan adanya teknologi virtual reality, harapannya aktivitas para militer dapat lebih terbantu khususnya dalam bidang simulasi dan latihan.

Dampak Negatif

Dibalik banyaknya sisi positif, pastinya juga terdapat banyak dampak negatif dari teknologi ini, yang bahkan mengancam kesehatan penggunanya apabila menggunakan virtual reality dengan jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh virtual reality :

  • Mengganggu Kesehatan Mata

Para produsen virtual reality telah merekomendasikan untuk jangka waktu penggunaan yang baik. Dan mereka menganjurkan pemakaian dengan batas waktu maksimal 12 menit, dan teknologi ini tidak cocok digunakan untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Dampak negatif dari virtual reality sangat serius mengancam kesehatan, terlebih untuk kesehatan mata para penggunanya.

Penggunaan virtual reality secara berlebihan tidak hanya buruk bagi kesehatan mata saja, tapi juga akan menimbulkan rasa sakit kepala sekaligus mual bagi penggunanya. Kemungkinan kejadian itu diakibatkan oleh radiasi yang ditimbulkan oleh teknologi virtual reality tersebut.

  • Pengguna Jadi Lebih Menyukai Dunia Maya Dibandingkan Dunia Nyata

Semua yang disajikan oleh teknologi virtual reality tentunya akan lebih mengasyikan jikalau dibandingkan dengan dunia nyata, sehingga hal tersebut membuat para penggunanya betah berlama-lama dalam dunia virtual yang menurutnya lebih menantang daripada dunia nyata.

Jika sudah pada tahap ini, pastinya pengguna virtual reality tersebut sudah mengalami kecanduan luar biasa. Dan ditakutkan pengguna akan menggunakan teknologi ini secara berlebihan, yang mana kita tahu hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

  • Gangguan Indera Pendengaran

Untuk dapat lebih merasakan sensasi dari dunia virtual itu, maka para pengguna biasanya akan menaikan volume virtual reality ke tahap yang lebih tinggi. Sehingga suara dari teknologi virtual reality akan terdengar sangat keras mendengung di telinga penggunanya.

Meskipun hal itu dipastikan memang mampu membawa penggunanya lebih merasakan sensasi dunia virtual, akan tetapi suara keras tersebut pastinya akan dapat menyebabkan pendengaran menjadi terganggu. Sehingga menaikkan volume ke batas maksimal tidak dianjurkan ketika menggunakan virtual reality.

Untuk menutup artikel kali ini, kami berpesan pada kalian agar selalu menggunakan teknologi dengan bijak, sekaligus selalu utamakan kesehatan anda. Karena kesehatan merupakan hal utama yang paling berharga di dunia ini. Sekian dan terima kasih!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *