Inilah 5 Rekomendasi Kacamata VR (Virtual Reality) Terbaik Untuk Digunakan Pada Tahun 2021

Inilah 5 Rekomendasi Kacamata VR (Virtual Reality) Terbaik Untuk Digunakan Pada Tahun 2021Kacamata 3-Dimensi sempat menjadi tren di tahun 90an. Seiring berjalannya waktu, temuan tersebut terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi mutakhir, seperti kacamata virtual reality. Perbedaan signifikan antara kacamata 3D biasa dengan virtual reality terletak pada efek yang dihasilkan dari kedua kacamata tersebut.

Kacamata 3D hanya membuat tampilan visual nampak lebih dekat dan tidak terlalu ‘nyata’. Sementara kacamata virtual reality menawarkan pengalaman yang mendalam untuk membawa penggunanya merasakan berada di lingkungan virtual (maya) secara lebih nyata.

Inilah 5 Rekomendasi Kacamata VR (Virtual Reality) Terbaik Untuk Digunakan Pada Tahun 2021

Kacamata virtual reality bertugas untuk menangkap gerakan kepala dan mata penggunanya untuk larut dalam virtual world yang ditampilkan. Dengan menggunakan kacamata ini akan akan benar-benar merasa seperti sedang berada di dunia lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki kacamata berteknologi mutakhir ini maka terus ikutin bacaan artikel ini sampai akhir ya guys. Dijamin kamu gak akan menyesal, karena nantinya kamu jadi mengetahui kacamata mana-mana saja yang terbaik untuk dipilih. Yuk lanjut simak bacaanya dibawah ini!

Inilah 5 Rekomendasi Kacamata VR (Virtual Reality) Terbaik Untuk Digunakan Pada Tahun 2021

Tanpa perlu berlama-lama lagi berikut adalah beberapa list kacamata virtual reality terbaik versi Carisinyal. Beberapa kacamata ini sudah ada yang tersedia di online store di Indonesia.

  • Sony Playstation VR

Dirancang menggunakan layar berteknologi LCD yang berukuran 5 inci dan diramu dari prototipe asli. Tidak hanya itu, kacamata ini juga berpanelkan OLED 5,7 inci sehingga meminimalisir tampilan blur dan memperluas sudut pandang. Pun, panel ini lebih hemat daya dan punya refresh rate tinggi.

Menyinggung soal laju penyegaran, kacamata ini menyuguhkan kecepatan hingga 120Hz sehingga menciptakan gim dari playstation 120fps seolah menjadi seperti asli. Diklaim punya latensi yang super rendah yaitu 18ms, kacamata ini akan memberikan rasa nyaman saat dipakai.

Berukuran 6,85 pond, kacamata ini dilengkapi dengan teknologi konektivitas HDMI dan USB. Disertai teknologi 3D Audio yang akan membuat suasana semakin seru, kamu bisa mendapatkan Sony Playstation VR dengan harga retail mulai dari Rp5 jutaan untuk satu unitnya.

  • Oculus Quest

Inilah Oculus Quest, sebuah kacamata VR sekaligus headset yang berguna untuk menjalankan game dan perangkat lunak secara nirkabel di bawah sistem operasi berbasis Android. Lewat perangkat ini pengguna akan diajak untuk merasakan pengalaman VR saat bermain gim dengan luar biasa.

Hebatnya, kacamata pintar ini telah ditanamkan System on Chip (SoC) dari Qualcomm bernama Snapdragon 835. Untuk CPU-nya terbuat dari empat biji Kryo 280 Gold berkecepatan 2,45 GHz dan empat buat Kryo 280 Silver bertenaga 1,9 GHz. Untuk menyuguhkan tampilan grafis yang optimal, Oculus Quest didampingi oleh GPU Adreno 540.

Berbobot 571 gram, perangkat ini mendukung pelacakan posisi dengan enam derajat kebebasan. Bersistem pengontrol Oculus Touch, kacamata ini telah menyematkan teknologi 6DOF pelacakan baik dalam maupun luar melalui 4 kamera internal. Peranti yang disertai WiFi dan Bluetooth ini memasar pada harga retail mulai dari Rp5,5 jutaan.

  • Valve Index

Berikutnya ada Valve Index yang siap memberikan pengalaman visual yang fantastik untuk para penggunanya. Dirilis pada 2019, kacamata VR ini memakai teknologi panel LCD yang beresolusi 1440 x 1600 per mata dengan resolusi gabungan 2880 x 1600. Selain itu, panel dari perangkat ini dibekali oleh RGB penuh yang dapat beroperasi pada refresh rate mulai dari 80 Hz hingga 120 Hz.

Perangkat yang dipatok pada harga retail mulai dari Rp14 jutaan ini disertai oleh fitur konektivitas seperti DisplayPort 1.2 dan port ekspansi USB 3.0. Kacamata yang memiliki kamera stereo 960 x 960 menghadap ke depan ini telah diselipkan oleh sistem pelacakan Lighthouse 2.0.

Dalam sektor audio, Valve Index mempunyai headphone yang sudah terintegrasi dengan jack audio 3,5mm. Kemudian, perangkat Index ini mempersembahkan sepasang headphone berteknologi ultra-near-field dan rentang yang penuh. Juga dengan dipasangkan driver BMR, membuat suara yang dihasilkannya berfrekuensi rendah, imersif, dan akurat.

  • Oculus Rift S

Bagi kamu yang sedang mencari kacamata VR terbaik untuk PC, Oculus Rift S adalah jawabannya. Peranti yang dirilis pada Maret 2019 ini lahir memakai panel LCD yang mumpuni dengan resolusinya berukuran 2560 x 1440. Perihal laju penyegaran jangan ditanya, kecepatan kacamata canggih ini bisa melaju hingga 80Hz yang siap memberikan pengalaman visual yang mulus.

Di sektor audio, Oculus Rift S tampaknya berbeda dengan pendahulunya yang dipasangkan pada strap. Maka dalam hal ini Rift S memakai speaker yang telah tertanam pada headset, posisinya berada sedikit di atas telinga pengguna. Perangkat bersensor akselerometer ini bisa dipinang dengan menyiapkan dana pada harga retail mulai dari Rp6,5 juta hingga Rp8 juta per perangkatnya.

  • XTAL 8K

XTAL 8K adalah kacamata berteknologi VR yang menyuguhkan layar LCD 4K dengan resolusi super tinggi 7680 x 2160. Perangkat yang hampir seluruh badannya berlapiskan oleh warna hitam ini memiliki dua opsi kecepatan refresh antara lain 75Hz pada resolusi 4K per mata dan 120Hz pada kualitas QHD per-mata.

Produk XTAL ini sudah dirancang dengan desain yang futuristik dan ergonomis, seperti Lensa VR non Fresnel dan tali kepala berbahan kulit sintetis. Selain itu, XTAL 8K telah mendapatkan dukungan SteamVR Lighthouse 1.0 atau 2.0 pada sistem pelacakannya. Dilansir dari situs resminya, XTAL 8K dipatok pada kisaran harga retail mulai dari USD 8,330 atau Rp117 jutaan.

Nah, itulah 5 kacamata VR (virtual reality) terbaik yang bisa kamu pilih saat ini. Berbagai kacamata tersebut akan menawarkan pengalaman yang berbeda ketika kamu bermain game. Untuk daftar game terbaiknya, silahkan simak artikel ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *