Virtual Reality Dan Escape Room : Kombinasi Teknologi Yang Saling Melengkapkan

Virtual Reality Dan Escape Room : Kombinasi Teknologi Yang Saling Melengkapkan – Penggunaan Virtual Reality (VR) untuk game escape room adalah tempat permainan elektronik yang digabungkan dengan permainan teka-teki ruang pelarian yang saling bertemu.

Dalam beberapa tahun terakhir keduanya memang berkembang dengan sangatlah cepat, dan ketika 2 hal ini digabungkan maka akan memaksimalkan pengalaman bermain game escape room yang selama ini terhambat oleh proses yang ingin direalisasikan.

Pemain akan tenggelam dalam pengalaman game melalui headset dan pengontrol VR yang mereka gunakan. Dari perspektif pemilik ruang pelarian, realitas virtual menawarkan kesempatan untuk tema yang hampir tak terbatas dengan biaya overhead yang relatif rendah.

Virtual Reality Dan Escape Room : Kombinasi Teknologi Yang Saling Melengkapkan

Mustapha Omar, salah satu pendiri Connect-VR yang juga seorang mantan direktur komersial Escape Hunt PLC (perusahaan Escape Room yang terdaftar di pasar saham London). Mengatakan

“Game VR Escape mendapatkan daya tarik dan saya berharap 2020 menjadi tahun terobosan dalam penggunaan teknologi ini dan juga dalam masalah bisnis permainan escape room”

Bagaimana cara kerja realitas virtual dalam permainan ruang pelarian ini?

Saat Anda melihat sebuah ruang permainan escape room biasa, pasti biasanya ruangĀ  itu akan penuh dengan objek fisik dan teka-teki yang akan berinteraksi langsung dengan pemain.

Ruang virtual dari escape room iniĀ  bekerja dengan cara yang persis sama, kecuali bahwa teka-teki dan petunjuk itu semuanya terkandung dalam pengalaman virtual.

Karena kamar berbasis di dunia virtual, mereka dapat terdiri dari konsep yang lebih sulit dari ruang pelarian yang “real”. Misalnya, pemain bisa berada dalam versi ruang yang realistis atau bisa saja ada di dasar laut.

Seperti dunia game, mereka bisa menghadapi hantu, monster, alien, atau apa pun yang bisa dibayangkan oleh pikiran.

Ruang pelarian pada dasarnya adalah tentang memecahkan teka-teki atau teka-teki dan menemukan petunjuk sebagai tim yang akan membuka kunci pintu untuk melarikan diri.

Faktanya, aspek tim itu sering menjadi salah satu bagian yang paling berharga – orang menikmati interaksi sosial dan itu adalah sesuatu yang juga dicari oleh banyak klien korporat.

Untuk alasan ini, pertanyaan yang banyak diajukan oleh pemilik dan pemain ruang melarikan diri adalah, apakah aspek sosial itu tetap ada pada game realitas virtual? Jawabannya adalah ya, bisa.

Pemain dapat melihat “Avatar” satu sama lain di dunia virtual dan bahkan dapat berinteraksi hingga saling melewati objek virtual. Kerja tim dan komunikasi pemain sama pentingnya di ruang pelarian berbasis VR, ini bukan pengalaman tersendiri!

Manfaat ruang pelarian realitas virtual

Ruang pelarian telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir, dan dengan popularitas itu muncul kenyataan lebih banyak persaingan untuk pemilik bisnis. Bagian besar dari apa yang membuat pemain kembali adalah bahwa mereka memiliki pengalaman hebat, yang bagi pemilik berarti menjaganya tetap menarik dan secara teratur mengubah ruangan.

Ketika kamar Anda adalah pengalaman fisik, itu berarti alat peraga baru, teka-teki baru, uang yang dihabiskan untuk mendesain ulang atau memperbarui dan, tentu saja, waktu dengan kamar tidak tersedia saat sedang dibuat. Semua ini dapat menghabiskan banyak uang. Ruang realitas virtual tidak memerlukan proses yang panjang dan mahal ini untuk diubah. Anda hanya perlu kamar kosong.

Pengalaman realitas virtual dibuat melalui headset VR (seperti HTC Vive Pro), pengontrol dan PC kontrol yang kuat (biasanya satu per pemain ditambah satu pusat).

Mengubah kamar semudah mengganti game yang sedang dimainkan melalui headset. Ini berarti bahwa ruang pelarian dapat memiliki seluruh perpustakaan game virtual untuk dipilih oleh pemain mereka, semuanya tanpa perubahan atau renovasi prop tunggal.

Untuk pemilik ruang pelarian, ini bahkan bisa memberi Anda titik perbedaan dari pesaing Anda. Mungkin Anda memiliki rentang kamar yang jauh lebih luas karena Anda memiliki beberapa yang ditawarkan melalui VR.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *